Langsung ke konten utama

Tips Solusi Mengatasi Baterai Tidak Terisi Penuh

pada awal tahun 2013  hingga sekarang, pertumbuhan laptop atau komputer jinjing sangatlah luar biasa. sebagaimana bisa kita lihat bukan hanya orang - orang IT saja yang memakai laptop / notebook ini tetapi orang yang pekerjaannya bukan di bidang IT pun sekarang memilikinya. karena tuntutan pekerjaan dan mudahnya bekerja secara mobile dengan perangkat gadget yang satu ini. namun seiring berjalannya waktu, kini penggunaan laptop pun menuai banyak pertanyaan seputar masalah yang biasa terjadi terhadap komponen - komponen yang ada di laptop salah satunya adalah baterai.



 Pernahkan anda mengalami ketika baterai sudah di cas (charge) selama beberapa jam namun Baterai laptop tidak kunjung penuh ? atau batere notebook tidak sampai 100%  (fully charged) dan selalu berada di bawahnya selama apapun kita melakukan charge. dan di indikator baterai, muncul tulisan "Battery not Fully charged" ?  ya, pada bahasan kali ini akan kita bahas, Penyebab dan Tips Solusi Mengatasi Baterai Tidak Terisi Penuh. silahkan disimak.

Penyebab Baterai Tidak Kunjung Penuh

biasanya hal ini terjadi karena beberapa faktor yang mempengaruhi, diantaranya :
  • gangguan listrik. Seringnya mati lampu dan tidak stabilnya listrik membuat ketahanan baterai cepat menurun karena pasokan yang masuk tidak sesuai dengan daya tampung yang ada sehingga mengakibatkan baterai mengalami malfungsi.
  • Membiarkan Laptop mati karena kehabisan baterai. hal ini yang sayangnya masih sering di anggap lumrah oleh kita. padahal sebenarnya betari laptop mempunyai counter limit penggunaan berapa kali kita melakukan charge. 
  • Critical Battery Level yang terlalu rendah. pengaturan critical battery level di bawah 5% dapat menyebabkan kondisi baterai tidak tahan lama, oleh karenanya aturlah sebisanya pada level 10%.

Solusi Pengisian Baterai notebook Tidak Terisi Penuh 

setelah kita mengetahui penyebab dan faktor terjadinya hal ini, kali ini akan kita bahas bagaimana cara yang dapat kita lakukan agar umur baterai dapat bertahan lama kembali terisi penuh.

1. Biasakan untuk langsung melakukan Charge / cass baterai sebelum benar - benar mati. hal ini untuk memperpanjang cycle counter yang ada pada baterai laptop.

2. Ubah Critical Battery Action menjadi Hibernate jadi pada saat batre sudah habis, otomatis komputer akan melakukan hibenasi dan data kita aman karena tersimpan.

3. Ubah nilai Critical Battery Level di atas 5% dan low battery level menjadi 10%.

4. Setelah itu, lakukan pengecasan pada kedaan batre masih terisi penuh (bukan kosong atau low ). nah disini lakukan pengecasan dalam waktu yang lama, bisa lebih dari 5 jam. tenang saja, baterai tidak akan overcharged atau terbakar, karena batere laptop zaman sekarang sudah di lengkapi teknolog kalau baterai penuh maka proses charge akan berhenti dengan sendirinya.

5. setelah itu bisa dilihat penambahan 1% dari sebelumnya, jadi untuk memperoleh 100% anda bisa lakukan hal ini berulang kali.

6. Jika laptop tidak dipakai, maka lakukan pengecasan dalam keadaan laptop mati (shut down) ini akan mempercepat proses regenerasi cell - cell pada baterai. saran saya, lakukan cass pada malam hari ketika anda tidur, jadi keesokan harinya bisa dilihat hasilnya. namun, jauhkan posisi laptop dari tempat anda tidur, karena walaubagaimanapun radiasi barang elektronik yang dekat tidak bagus ketika kita sedang tidur.

*untuk poin nomor 6, pastikan selalu listrik di rumah anda benar- benar stabil sebelum melakukan charge pada malam hari

Nah demikianlah Penyebab dan Solusi Batre Laptop Tidak Bisa Terisi Penuh semoga bermanfaat bagi anda. jika ada pertanyaan silahkan komentar di bawah ini 


































sumber:http://myrepairsolution.blogspot.co.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Setting agar PC kita tidak sleep dengan sendirinya

adanya fitur  Sleep Otomatis  jika dibiarkan diam selama beberapa menit. biasanya fitur ini sudah ada secara standar pada  OS windows xp, 7 vista, 8, 8.1, 10 . namun, apakah selalu pengaturan sleep otomatis tersebut berguna bagi  user  ? nah , pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan tutorial bagaimana cara  me-nonaktifkan fitur Sleep otomatis  pada sebuah laptop maupun  PC. tentunya hal ini akan sangat berguna bagi kamu yang mempunyai keperluan agar laptop tetap hidup meski di diamkan dalam waktu beberapa lama. mungkin sedang  download  film atau games terbaru yang memiliki ukuran lumayan besar sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendownloadnya Cara Setting Pengaturan Power Plan cara berikut ini berlaku untuk sistem operasi Windows XP, 7, 8, 8.1 namun perbedaanya hanya ada di peletakannya saja, jadi silahkan disimak. 1. Klik tombol  START . 2 Pilih  Control Panel . atau. 1. Tekan tombol  CTRL + R . 2. ketik  Control Panel  lalu tekan enter.

Game pc dengan grafis terbagus part 1

kali ini kita akan membahas beberapa gae dengan grafis terbagus menurut blog ILMU BERKHASIAT jika ada game ang kurang cocok masuk kategori ini , anda bisa komen di bawah dengan sopan 1.Rise of Tomb Raider Game Rise of Tomb Raider merupakan sekuel dari pendahulunya yaitu Tomb Raider yang rilis pada tahun 2013. Game yang dirilis pada awal 2016 ini memiliki visual yang sangat menawan mulai dari efek lumpur, gerakan pemain hingga efek rambut yang tampak seperti nyata. Saat ini game ini hanya ada untuk Xbox One dan juga PC, namun versi PS4 nya akan rilis pada kuartal 4 2016. 2.Grand Theft Auto V Game dengan grafis terbaik ini merupakan seri terbaru dari game besutan Rockstar Games yaitu Grand Theft Auto V . Game yang rilis awal pada tahun 2013 ini dibangun menggunakan RAGE yaitu game Engine milik Rockstar sendiri. Game ini bercerita tentang tiga tokoh protagonis yaitu Michael De Santa, Trevor Phillips, dan Franklin Clinton . Game ini memiliki visual yang bagus mulai dari

Cara bermain game berat agar tidak Lag

Bermain game di PC memang menyenangkan, selagi dapat mengisi waktu luang dapat juga untuk menghilangkan stres akibat pekerjaan atau tugas sekolah yang menumpuk. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa sekarang pun masih suka bermain game. Tapi pernahkah kamu berpikir dan bertanya-tanya, " Spesifikasi PC saya sudah cukup untuk bermain game ini, tapi kok masih agak lag dan gak lancar ya? ". Kalau iya, kamu datang di artikel yang tepat banget. Di sini Jaka mau berbagi tips bagaimana caranya agar game di PC yang kamu mainkan lebih optimal dan lancar. Tapi untuk yang spesifikasinya rendah dan mau main game HD terbaru sekarang, jangan dipaksain ya. Mau tau kan tips-tipsnya apa aja? Yuk simak 5 cara agar game yang kamu mainkan lebih lancar dan optimal . 1. Gunakan Windows 10 Jika PC kamu masih kuat untuk upgrade ke Windows 10 , lakukan! Karena di Windows 10 sudah mendukung DirectX 12 dimana game-game yang mau kamu mainkan akan terasa lebih optimal. Kenapa? Karena Mi